ANDROID? Apa Hebatnya Sih?!

Ohayou sobat Aika Hiromi. Semoga hari ini luar biasa

Berkembangnya teknologi saat ini membuat kita harus selalu update tentang 'barang' apa yang menjadi trending topic saat ini, "gadget of fair". Belum lama ini dunia tengah heboh dengan munculnya HP/gadget 'pintar' ANDROID. 

Sebanarnya, apasih istimewanya gadget yang satu ini?

  •  Multitasking – Yups, HP Android bisa menjalankan berbagai aplikasi, itu artinya sobatbisa browsing, Facebookan sambil dengerin lagu.
  • Kemudahan dalam Notifikasi – Setiap ada SMS, Email, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen Ponsel Android, tak ketinggalan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga sobat tidak akan terlewatkan satu SMS, Email ataupun Misscall sekalipun.
  • Akses Mudah terhadap Ribuan Aplikasi Android lewat Google Android App Market – Kalau sobat seneng install aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market sobat bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games ( misal angry birds) yang siap untuk sobat download di ponsel Android.
  • Pilihan Ponsel yang beranekaragam – Bicara ponsel Android, akan terasa ‘beda’ dibandingkan dengan iOS, jika iOS hanya terbatas pada iPhone dari Apple, maka Android tersedia di ponsel dari berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson, Motorola, HTC sampai Samsung. Dan setiap pabrikan ponsel pun menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya, Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. Jadi sobat bisa leluasa memilih ponsel Android sesuai dengan ‘merk’ favorite
  • Bisa menginstal ROM yang dimodifikasi – tak puas dengan tampilan standar Android, jangan khawatir ada banyak Costum ROM yang bisa sobat pakai di ponsel Android.
  • Widget – benar sekali, dengan adanya Widget di homescreen, sobat bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.
  • Google Maniak – Jika sobat pengguna setia layanan Google mulai dari Gmail sampai Google Reader, ponsel Android telah terintegrasi dengan layanan Google, sehingga sobat bisa dengan cepat mengecek email dari gMail.
  • Dapat termasuk mengetahui lokasi dari sebuah toko terdekat atau pompa bensin. Selain itu fungsi hiburan akan menjadi lebih tinggi dengan Android untuk menawarkan game online real time multi player.
Sekalipun Android merupakan HP 'pintar', tapi tetap saja dia punya kekurangan, seperti :
  • Android masih terkesan rumit
    Saat membeli ponsel/tablet Android, kalian diharuskan mempelajari lebih banyak hal dibandingkan dengan iPhone, karena Android mempunyai widgets, apps, dan banyak pengaturan lain yang mungkin kalian belum pernah mengenalnya sama sekali.Contohnya seperti Samsung Galaxy S3, yang mempunyai banyak fitur keren. Salah satunya adalah berbagi foto otomatis via wi-fi, yang sayangnya ternyata membutuhkan pengaturan yang banyak.
  • Konten hiburan di Google Play masih kalah banyak dibandingkan dengan iTunes
  • Kurangnya aksesoris yang keren untuk perangkat Android
    Android tidak membawa antusiasme bagi pembuat aksesoris untuk membuat aksesoris yang menarik untuk perangkat-perangkat Android.
  • Grafis dan animasi di iPhone masih lebih halus
    Hardware acceleration adalah proses dimana smartphone bisa berganti antara GPU (grafis) dan CPU tanpa menggunakan memori smartphone dalam jumlah besar. Hal ini sudah ada pada perangkat Android sejak versi awal, namun terbatas hanya pada beberapa fitur, seperti menarik notification bar ke bawah.Perangkat Android tidak menggunakan hardware acceleration secara penuh sampai Android versi 3.0.Sedangkan iPhone sudah menggunakan hardware acceleration sejak awal, sehingga iPhone menciptakan user experienceyang lebih menyenangkan.Untuk catatan, versi terbaru Android, Jelly Bean sudah memperbaiki kekurangan ini dengan sangat baik. Sehingga user experience menjadi lebih smooth dan tidak lagi nge-lag atau hang.
  • Ancaman dari malware/virus pada sistem operasi Android
    Karena Android adalah open source dan pengguna dapat menginstall aplikasi yang bukan berasal dari Google Play, perangkat Android lebih rentan terkena malware dan aplikasi bajakan/palsu.
  • Aplikasi yang berkualitas masih sedikit
    Sudah dari dulu aplikasi-aplikasi pada iPhone terlihat lebih bagus dibandingkan versi Android-nya.
  • Fragmentasi
    Perangkat Android beraneka ragam, mulai dari Galaxy SIII yang canggih hingga ponsel murah-meriah made in China. Hal ini dinamakan fragmentasi.Fragmentasi membuat kualitas smartphone menjadi berbeda-beda, developer pun terpaksa harus membuat aplikasinya bisa beradaptasi terhadap banyaknya bentuk dan ukuran layar pada perangkat Android yang ada.
  • Updates Android tidak langsung tersedia untuk setiap perangkat
Informasi diatas di ambil dari banyak sumber. Semoga bermanfaat bagi sobat pembaca :)
Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ^^
Kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar ya...