____________________

| ALASAN ANIME JARANG TAYANG DI TV | KENAPA ANIME JARANG TAYANG ||

Ohayou sobat Aika Hiromi. Semoga hari ini luar biasa :) 

Siapa yang tak tau film anime atau kartun? Sekarang ini, banyak sobat pecinta anime yang mengeluh kenapa minggu pagi tayangan anime dan kartun anak-anak makin lama makin sedikit. Tidak seperti dulu waktu kita masih kecil menghabiskan hari minggu dengan bersantai sambil nonton anime di TV yang tayang full sampe siang. Tapi sekarang, semua berubah sejak Negara api menyerang. Acara televise minggu pagi berubah jadi acara konser musik anak layangan, sinetron dan gossip.
Lantas bagaimana dengan film-film Indonesia dengan adegan kekerasan? Sebenarnya kualitas serial di Indonesia sendiri tidak jauh lebih baik dari anime bahkan (mungkin) lebih buruk. Tidak perlu menyebutkan nama, tetapi setiap sore sobat dapat melihat ada sebuah sinetron remaja yang membawa pengaruh negatif terhadap perkembangan otak. Kebanyakan yang ditayangkan adalah obrolan - obrolan yang tidak berkualitas dan sama sekali tidak memberi nilai pendidikan. Belum lagi film-film horor yang sifatnya cuma ngaget-ngagetin aja dengan alur cerita yang kurang jelas dan malah menciptakan mind set yang negatif. Adik bunuh kakak karena rebutan pacar, sesama sahabat saling membunuh dll. So, you can think again :)
Berbicara tentang anime, atau bisa disebut juga kartun (karna anime sendiri dalam bahasa jepang berarti film animasi/kartun. Namun anime identik dengan animasi jepang, sedangkan kartun untuk animasi pada umumnya) pasti sobat juga menyadari kalau anime zaman sekarang sudah jarang banget tayang di televisi. Kalau pun ada, hanya hari Minggu dan itu pun cuma sedikit dan di ulang-ulang. Padahal dulu bisa tayang dari hari Senin – Jumat pada jam tertentu di stasiun-stasiun televisi, plus jam tayang penuh dari pagi sampai siang pada hari Minggu.

Tahukah sobat alasan anime sudah jarang tayang di televisi swasta Indonesia?

Birikut ini adalah beberapa penyebabnya, yang mimin ambil sumbernya dari : http://www.fuad-fa.com
1. Sedikit anime yang lulus sensor

Quote : Sepertinya yang menjadi halangan TV tersebut menayangkan adalah masalah hak siar di Indonesia yang katanya “susah”. Anime One Piece yang terakhir kali di siarkan di GlobalTV katanya tidak diteruskan karena masalah hak siar dari badan sensor Indonesia. Menurut info dari http://www.fuad-fa.com alasannya karena dalam Anime tersebut banyak adegan kekerasan dan gambar yang tidak cocok untuk anak-anak. Mari ditanggapi, sebenarnya anime tersebut ditujukan bukan untuk anak-anak, tetapi untuk remaja 15 tahun keatas. Hanya masalah cara pandang orang Indonesia saja yang salah. Kebanyakan orang menganggap bahwa semua yang berbau animasi adalah tayangan “anak”. Padahal sobat tahu ada yang namanya “Hentai” yang khusus dibuat untuk dewasa, bayangkan jika “Hentai” yang isinya adalah Animasi Dewasa di tayangkan untuk anak.


Sekarang sobat bandingkan kedua alasan tersebut dengan Anime, masih ada anime yang benar-benar untuk anak, tetapi kebanyakan pastinya tidak akan disukai oleh remaja contohnya adalah Doraemon (tapi mimin sangat suka *hugs). Jauh lebih banyak hal positif yang bisa kita ambil di banding serial Indonesia, seperti: jujur, suka menolong, dan yang lebih menonjol adalah tidak pernah putus asa/pantang menyerah. Lihat saja contoh karakternya di anime-anime yang sudah tayang di Indonesia seperti Naruto, Luffy, dll.

Jika diperhatikan, plot dari serial anime kebanyakan seperti ini:
“Tokoh utama muncul dengan memiliki kemampuan khusus yang tidak disadarinya, memiliki teman dekat yang loyal. Memiliki seorang penggemar yang mencintai tokoh utama. Tokoh utama memiliki cita-cita untuk menjadi “orang yang hebat”. Muncul musuh, kemudian tokoh utama bertarung dengan musuh dan kalah. Dia berlatih untuk menjadi lebih kuat dengan semangat “tidak pantang menyerah” untuk mengalahkan musuh tadi. Tokoh utama menjadi lebih kuat dan akhirnya bisa meraih cita-citanya.

Tidak percaya dengan plot tersebut? Bandingakan dengan anime yang terkenal yang pernah tayang di Indonesia seperti Capten Tsubasa, Naruto, Slam Dunk, Shoot, dll. Meski pun plotnya “sama” tetapi cara membungkusnya menarik sehingga tampak tidak membosankan. Justru semangat “tidak pantang menyerah” yang harus kita adopsi ke serial “made in Indonesia”.

Dari sekian banyak anime yang di produksi di Jepang, hanya tersisa sedikit yang lulus sensor di Indonesia. Kebanyakan anime yang tayang di Indonesia adalah anime ber-Genre Petualangan, kehidupan sehari-hari dan anime untuk usia anak-anak. Akan sangat sulit ditemui bahkan hampir tidak ada anime untuk remaja ke atas dan dewasa yang tayang di Indonesia. Itulah sebabnya kenapa sobat tidak bisa menemukan anime yang berbumbu ecchi (nakal), adegan kekerasan serta kata-kata kasar di sini. Bahkan lucunya, lembaga sensor Indonesia terkesan lebay. Pernah ada adegan di anime Doraemon, ada seorang nenek memegang pisau. Dan ternyata pisau yang dipegang juga di sensor. Apakah pisau yang hanya dipegang tersebut mengandung arti kekerasan? Ayolah =_='

Oleh karena itu, hanya anime untuk usia 17 tahun ke bawah yang ditanyangkan di Indonesia. Yang dimaksud untuk usia 17 tahun bukan hanya anime yang mengandung adegan vulgar saja (jangan mikir yang mesum-mesum yak :D) melainkan yang mengandung unsur kekerasan, perkataan kasar, humor dewasa dan lainnya. Pemilihan penayangan anime untuk usia anak-anak inilah yang membuat seseorang kangen dengan masa kecilnya saat menonton anime.

2. Biaya lisensi atau ijin penayangan anime yang mahal

Produksi anime sendiri tidak murah. Menurut thread yang ada di Japanesia, sebuah episode anime berdurasi 30 menit pada tahun 2010 menghabiskan biaya 11.000.000 yen ($145,214/ sekitar Rp. 1,2 Milyar). Itu hanya satu episode loh, kalau 1 season (13 episod) tinggal kalikan saja 1,2 Milyar dengan 13 = sekitar Rp. 15,6 Milyar. Salah satu alasan kenapa mahal adalah karena anime dibuat dari gambar tradisional/ tangan/ manual (Original work) yang kemudian di animasikan. Berbeda dengan animasi 3D ala Hollywood yang design nya menggunakan computer (CMIIW).

Nah, sekarang udah tau betapa mahalnya biaya produksi anime. Dari situ bisa disimpulkan berapa kalau biaya lisensi atau izin tayangnya juga mahal. Tidak langsung saja menayangkan, namun harus membeli izinnya terlebih dahulu. Oleh karena itu mereka pihak TV hanya membeli lisensi anime yang terkenal, lulus sensor dan sekiranya laku atau banyak digemari di Indonesia. Seperti misalnya Dragonball, Doraemon, Naruto dan anime yang lisensinya terjangkau. Misal anime lawas atau anime yang udah ketinggalan jaman yang harganya sudah turun di pasaran. Ya, mereka hanya menayangkan anime yang terkenal dan yang lisensinya murah untuk memastikan mereka juga mendapat keuntungan.

3. Bergantinya tren dari Otaku (Japanese geek) menjadi K-Pop (Korean wave)


Dulu, hal yang berbau jejepangan itu dianggap keren oleh remaja Indonesia. Mudah menemukan penggemar hal yang berbau jepang mulai dari yang menggeluti hobi game, anime, manga, cosplay dan lain sebagainya. Sedangkan sekarang, mereka hanya eksis dalam satu komunitas dan event tertentu saja.

Saat ini lebih banyak menemukan mereka yang menggemari hal berbau Korea. Demam Korea dan music K-Pop saat ini sangat marak. Beruntunglah bagi sobat anti mainstream jadi nggak ikutan terbawa arus tersebut. Sekarang ngomongin hal berbau Korea dianggap keren. Coba kalian ngomongin anime, pasti dibilang kaya anak kecil, aneh atau nggak nyambung, kecuali ke orang yang mempunyai hobi yang sama.

Padahal anime atau drama Korea itu sama-sama bercerita mengenai kehidupan sehari-hari, hanya saja disajikan dalam visual yang berbeda. Tergantung selera, kita menyukai anime atau drama korea sebenarnya sama saja karena memang selera tidak bisa dipaksakan. Bisa saja menyukai keduanya. Namun di masyarakat kita, mayoritas dianggap lebih benar meskipun sebenarnya tidak selalu benar. Jika lebih banyak orang menyukai A, maka orang lain (minoritas) yang menyukai B dianggap seleranya jelek. Itulah hukum mainstream di sini. Menyebalkan bukan?Huft

Lalu apa hubungan nya Korean Wave dengan penayangan anime di televise? Nah hal ini berkaitan dengan alasan selanjutnya.

4. Perusahaan Televisi adalah profit oriented

Tujuan utama mereka adalah mencari keuntungan. Tentu saja mereka hanya menayangkan acara yang sekiranya menguntungkan mereka. Mereka bisa melihat pasar di Indonesia yang strategis untuk tayangan drama Korea, acara gossip, dan lainnya yang sekiranya menguntungkan mereka. Mereka melihat hal berbau jepang seperti anime sudah mulai reda dan sedikit peminatnya. Jadi untuk apa mereka menayangkan anime yang katanya sudah sedikit peminatnya?

Jangan heran kalau saat ini lebih mudah menemukan drama Korea daripada anime. Kembali ke alasan no. 2 kenapa mereka mampu membeli lisensi drama Korea yang terkenal dan mahal daripada membeli lisensi anime?

Sebaiknya kita berkaca pada diri sendiri karena kitalah konsumen (pasar) mereka hanya menayangkan apa yang lebih diinginkan mayoritas konsumen. Coba lihat di sekitar kita mulai dari anak kecil sampai tante-tante, semua menyukai K-Pop dan drama Korea. Bahkan di internet, mudah menemukannya, username akun jejaring social yang yang menggunakan huruf Korea juga bahasa yang digunakan…

Zaman memang sudah berubah, semua punya waktunya masing-masing. Sama dengan zaman film India dan Telenovela yang sudah kandas, mungkin nanti ada saatnya musim Korea ini akan berganti zaman lain. Apalagi selanjutnya? (Tapi mudah-mudahan anime bisa dapat kejayaannya lagi di Indonesia)


Berikut ini list anime yang pernah tayang dan *mungkin sekedar numpang lewat di layar TV Indonesia :

1. TV7

Spoilerfor anime:
  • Mushrambo
  • Ghost at School
  • Yu yu Hakusho
  • whistle
  • Final Fantasy Unlimited
  • Trouble Chocolat
  • rave
  • hanada shounen shi
  • cowboy bebop
  • azuki-chan
  • Hunter x Hunter
  • ultra maniac
  • Slam Dunk
  • full metal panic
  • tiny snow fairy sugar
  • kaleido star
  • detective kindaichi
  • captain tsubasa
  • Nube
  • Mach GoGoGo
  • Shoot
  • louie the rune soldier
  • hikaru no go
  • isami shinsengumi
  • honey bee hutch
  • clamp detective school

2. Trans TV

Spoilerfor anime:
  • Love Hina
  • Jin-Roh
  • Evangelion
  • Fruits Basket
  • Blue Submarine No. 6
  • star ocean EX
  • Flame of Recca
  • cyborg kurochan
  • ninku
  • Trigun
  • jubei-chan


3. SCTV

Spoilerfor anime:
  • -captain simians
  • -Magical Doremi
  • -space monkey
  • -Samurai X
  • -Popolocrois
  • -Sakura Wars
  • -Tokyo Mew-Mew
  • -Monster Rancher/Monster Farm
  • -Makibao
  • -kiteretsu
  • -Robotan
  • -ace o nerae
  • -Metropolis
  • -ninja kabamaru
  • -dog of flandre
  • -dr Slump
  • -dual parallel trouble
  • - lets asked dr rin
  • -virtua fighter
  • -space tekker
  • -danguard ace
  • -grandizer
  • -ojamajo doremi
  • -Master cooking boy
  • -street fighter v2
  • -BT X
  • -Nono-chan
  • -Run-Dim


4. ANTV

Spoilerfor anime:

  • -Shaman King
  • -Kekkaishi
  • -Zoids
  • -Dragon Leageu
  • -Keroro Gunshou
  • -offside
  • -web driver
  • -magical taluluto






5. Lativi

Spoilerfor anime:


  • -casshern
  • -time bokan
  • -kiramekiman
  • -minky momo
  • -creamy mami
  • -Jeannie with the Light Brown Hair.
  • -SDF macross












6. RCTI

Spoilerfor anime:
  • -Cardcaptor Sakura
  • -.Hack//Sign
  • -candy candy
  • -Magic knight rayearth
  • -doraemon (masih tayang)
  • -beyblade
  • -cyborg009
  • -ninja hattori
  • -p-man
  • -zenki
  • -shinchan (masih tayang)
  • -si botak hagemaru
  • -atashin-chi
  • -Hamtaro
  • -Pretty Cure
  • -kobo-chan
  • -chibi maruko-chan
  • -one piece
  • -Astro Boy
  • -saint seiya
  • -rose of versailles
  • -Remi
  • -lets & go
  • -yu gi oh
  • -Medabots
  • -UFO baby
  • -chinpui
  • -Akazukin Cha Cha
  • -ikkyu-san
  • -nadja

7. TVRI

Spoilerfor anime:


  • -Tokyo Underground
  • -Golion
  • -Voltes V
  • -kabuto
  • -three musketeers
8. Indosiar

  • Spoilerfor anime:
  • -Gintama
  • -Kickers
  • -Bleach
  • -hungry heart
  • -anpanman
  • -ako-chan no himitsu
  • -mask of zeguy
  • -miracle girls
  • -kinnikuman
  • -Digimon
  • -Cyber Formula
  • -Dragon Ball
  • -Cat Girl Nuku-Nuku
  • -Patlabor
  • -Crush Gear
  • -hana yori dango
  • -Detective Conan
  • -Tokyo Babylon
  • -Shulato

  • -Inu Yasha

  • -Gundam W
  • -Gundam Seed
  • -Gundam Seed Destiny
  • -School detective Q
  • -Air Gear
  • -Sailormoon
  • -Pokemon (masih tayang)
  • -Bakugan
  • -faity tail (masih tayang)
  • -Galaxy express 999
  • -ninja rantaro
  • -Corrector Yui
  • -B-da man
  • -21 emon
  • -metal fight beyblade (masih tayang)

  • -teko ajaib
  • -blue dragon
  • -K.O. beast juusenki (sepertinya ni anime dulu banget pernah tayang)
  • -wedding peach
  • -Bakegyamon
  • -duel master
  • -ragnarok the animation
  • -Ronin WArrior
  • -Ge Ge no Kitaro
  • -master ajiko
  • -guru guru
  • -Initial D

  • -Inazuma 11
  • -Monkey Turn
  • -angelic layer
  • -Dragon Quest
  • -SD gundam force

  • -rockman

  • -naruto shippuden
  • -Battle Spirits
  • -Youkoso Yoko
  • -Metal Fight Beyblade
  • -Pretty Cure Max Heart
  • -Powerpuff Girl Z

9. Space Toon

Spoilerfor anime:
  • -Absolute Boy.
  • -Sugar Sugar Rune.
  • -The Song of Tentomushi.
  • -Muteking the Dashing Warrior.
  • -Idol Densetsu Eriko.
  • -Magical Emi.
  • -Pastel Yumi.
  • -Paul's Miraculous Adventure
  • -Sweet Mint.
  • -Digi Charat Nyo!
  • -Panyo Panyo Digi Charat.
  • -Lets Ask Pyoko.
  • -Little Woman.
  • -Daddy Long Legs.
  • -Peter Pan.
  • -Temple the Baloonist.
  • -Cinderella.
  • -Ashita no Joe.
  • -Sneezing Magician.
  • -Sugar Princess.
  • -Dewi Karin.
  • -Remi Nobody's Girl.
  • -Monchichi.
  • -Princess Knight.
  • -Jankenman.
  • -Daigunder.

10. TPI

Spoilerfor anime:

  • -Saiyuki
  • -fushigi yuugi

11. Global TV

Spoilerfor anime:
  • -scrapped princess
  • -Naruto
  • -Eureka Seven
  • -Dancouga Nova
  • -Gaiking
  • -DNAngel
  • -Samurai Deeper Kyo
  • -MAR
  • -Death Note


Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk teman-teman pecinta anime. Salam sukses untuk sobat Aika Hiromi. Ganbatte :)



sumber : http://www.xinnosuke.com/2012/07/alasan-kenapa-anime-jarang-tayang-di-indonesia-html.html dan berbagai sumber lainnya

(untuk penulis artikel asli yang ingin kami cantumkan sumber nya bisa e-mail pada admin kami : putriiisantoso@gmail.com)




Tema Blog NJW V2 Updated at: Jumat, Januari 25, 2013

12 komentar:

  1. mau tanya nih, kan kalo udah ditayangin animenya pas mau ditayang ulang lagi pihak tvnya bayar lagi gak sih kayak izin/lisensi gitu? *kangen anime dulu, pengen tayang ulang u,u

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nggak salah itu satu kali beli...bisa kita lihat doraemon pernah diulang beberapa kali episedenya

      tapi nanti aku cari tahu deh :)
      thanks for visited here

      Hapus
  2. mantap para penyuka ANIME semoga anime2 kembali tanyang kembali di indonesia......pi lebih berharap indonesia yang menjadi tuan rumah(bisa membuat kartun seperti anime japan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau itu saya juga sangat berharap...Indonesia bisa membuat animasi sendiri

      Hapus
  3. iya lebay. aku juga heran. dulu pas kelas 3 ( skrg aku kelas 5 ) tiap pagi jam 8 nonton naruto berdua sm adik. skrg? aku heran jga, knp naruto gak ada tayang lagi. tiba-tiba filmnya stopped gitu. keselll >:( film favoritkuuu... apa lagi yach? oya dulu di spacetoon ada minky momo, sweet mint, hachi, hiyo ( tenyomushi ) dan apalah lagi, sekarang filmnya tinggal "secuil" lagi. Damn bangetttttt!

    BalasHapus
    Balasan
    1. maklum...Indonesia algi krisis UU perlindungan mata,,,,jadi yaah mau gimana lagi atuhh,... cuma bisa maratpi nasib TV kesayangan

      kalau naruto itu karena ada unsur sadisme dan pornografi...krn naruto udh gede...jadi pemeranny pake bju yg sexy2,,,, T_T kyk sunade ....huuuhh....itu kan bukan fil anak2 bgt...udh bisa dblg utk remaja...ya pokoknya alasannya itu

      Hapus
  4. jaman ku dulu masih ada P-Man,, fairy odd parents,, jimmy neutrons,, cat dog,, banyak film film subuh tiap hari dulu sebelum berangkat sekolah masih kelas 6 SD dan tiap hari minggu.. lah ini lulus SMK malah sinetron yang diperbanyak sama tontonan alay.. kasian banget generasi penerus anak anak indonesia terpaksa nonton gitu.. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee...setuju gan...
      dlu hari minggu full dr pagi ampe siang anime XDD
      padahal anime itukan juga ada kategorinya....huhuu...
      ada yg buat anak2,remaja....
      huuum...
      semoga ada perbenahan tayangan ><"

      Hapus
  5. Bener tuh, dulu gw suka nonton di Indosiar dari pagi sampe siang
    Jadi kangen masa lalu......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw kangen anime...skrg yang tayang talkshow sinetron... Yg ga berpendidikan

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. iyyaa padahal dulu lagi seneng" banget nonton p-man, ninja hatori, byakugan dan banyak lah.
    tapi kenapa dengan alasan tertentu kartun" anime yg kayak gini dan niatnya menghibur anak" indonesia malah diganti dengan acara" yg aneh, sinetron gk jelas, sudah gitu banyak drama korea.!!
    jujur aja gan, saya yg udh SMA gini aja masih pengen nonton anime anak-anak.

    lebih baik berbenah lah KPI bukan karena apa..!!! tapi ini demi kebaikan anak" juga.

    sumpah.. jadi kangen masa masa sd dulu..!!

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung ^^
Kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar ya...

Info Terbaru Lewat E-mail :

by Aika Hiromi

Buku Eksklusif "MY DREAMS"

Buku Eksklusif "MY DREAMS"
Ditulis oleh seorang motivator Indonesia yang telah menulis lebih dari 20 buku. Wujudkan Impianmu menjadi nyata (Klik untuk detail)

Sahabat Kami Di Blogger


Get this widget!