| Menghasilkan Index SEO yang Optimal |



Ingin halaman Blog atau website sobat ada di halaman 1 Google? Lakukan cara ini untuk mendapatkan Indeks SEO yang optimal di Google.
Bagi sebagian orang, tampil di halaman 1 Google merupakan hal yang luar biasa. Bagaimana tidak, dengan cara ini, tulisan/posting  yang ada di blog atau website sobat akan akan mengalahkan ratusan ribu atau bahkan jutaan posting lainnya. 
Banyak orang berlomba-lomba untuk ada di halaman 1 Google karena kebanyakan pengguna internet hanya melihat info di halaman 1 ketika mereka melakukan pencarian. Hampir 90% pencarian stop disini dan tidak melanjutkan ke halaman berikutnya. 

Secara harfiah, semakin tinggi posisi sobat di Google maka indeks/skor posting sobat di mata Google lebih tingggi atau lebih baik dari posting sejenis. Nah, untuk mendapatkan indeks yang optimal, berikut adalah beberapa hal yang dapat sobat lakukan:
  • Riset kata kunci.
    Ini adalah bagian terpenting dari keseluruhan proses SEO karena semua berawal dari sini.  Gunakan adwords untuk melakukan analisis kata kunci yang tepat. Sobat bisa juga melakukan riset kompetitor dan mencari alternatif kata yang tepat untuk posting sobat.
    Ingat, jangan pernah melakukan posting sebelum sobat merisetnya. Kesalahan terbesar pemula adalah menggunakan kata-kata 'yang dianggap' familiar dalam melakukan posting. Padahal, saat sobat meriset, sobat akan mengetahui kata yang sebaiknya sobat gunakan. Perbedaan satu huruf atau spasi saja bisa menghasilkan perbedaan yang besar.
  • Posting menggunakan kata kunci yang telah diriset sebelumnya.
    Setelah diriset, postinglah menggunakan kata tersebut. Seringkali sobat harus berpikir ulang karena kata-kata yang sobat dapatkan bukanlah kata yang wajar sobat temui dalam kehidupan sehari-hari. Kreativitas disini menjadi sangat berperan.
  • Namai web atau blog sobat dengan kata kunci yang telah di-riset sebelumnya.
  • Gunakan Long Tail Keyword (kata kunci panjang)
    Berbeda dengan kebanyakan pemikiran orang yang menggunakan kata yang general dengan harapan bisa mendapatkan hasil yang banyak, Google lebih menyukai sesuatu yang terfokus. Semakin detil sobat mendefinisikan sesuatu semakin baik karena Google akan meng-indeks semua kata yang sobat posting. Dengan cara ini, sobat akan 'mengklaim' lebih banyak hal. 'Mangga Harum Manis' akan mempunyai indeks yang jauh lebih baik daripada Mangga. Karena Google akan meng-indeks 3 kata dan bukan hanya 1 kata. 
  • Deskripsi
    Deskripsi adalah kalimat awal dibawah judul yang memperjelas judul dan merupakan inti dari tulisan tersebut. Bila perlu, cetak tebal / bold kata yang bersesuaian dengan judul.
  • Kata yang berulang
    Ulangilah kata-kata yang telah sobat riset sebelumnya dalam tulisan sobat. Semakin banyak pengulangan yang sobat lakukan semakin baik, karena Google akan sem,akin baik dalam mengkonfirmasi hal yang sobat anggap penting.
  • Kesesuaian antara judul, deskripsi dan image
    Google tidak 'melihat' gambar, namun 'melihat' tulisan. Sehingga sobat harus memberikan nama file yang sesuai dengan judul untuk image yang sobat masukkan dalam posting. Alih-alih memberikan nama dalam rumus kimia, sobat sebaiknya memindahkan judul yang sobat pilih ke dalam nama file.
  • Google menyukai sesuatu yang baru dan fresh
    Ketimbang sobat menyelesaikan semua hal dalam website atau blog sobat dalam sehari dan setelah itu sobat tinggal selama bertahun-tahun, Google lebih menyukai update yang rutin dan kontinu. Satu update per hari lebih disukai ketimbang menyelesaikan semuanya dalam sehari.
Setelah sobat membaca tulisan ini, boleh jadi sobat merasa sangsi. apakah sedemikian mudahnya? Sebagian dari sobat mungkin beranggapan bahwa SEO itu sedemikian sukarnya sehingga hanya orang-orang tertentu atau programmer yang bisa melakukannya.
Mimin cuma punya satu jawaban untuk hal ini. Yah, sebegitu mudahnya sobat mengoptimasi website atau blog sobat. Mimin sendiri bukan programmer atau computer geek yang mengetahui banyak tentang pemrograman. Namun mimin bisa melakukannya. Kuncinya, disiplin melakukannya terus-menerus. One step a day dan sobat akan terkejut melihat hasilnya.

Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ^^
Kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar ya...