| Waspada Flu Burung dan Flu Babi | Apa Bedanya? |

Ohayou sobat Aika Hiromil. Semoga hari ini luar biasa :)

Baru-baru ini kita dikejutkan oleh merebaknya "lagi" virus H5N1 dan H1N1 yang biasanya disebut flu burung dan flu babi. Tidak main-main, di awal tahun 2013 ini flu babi terutama telah merenggut puluhan korban jiwa dari berbagai penjuru dunia.

Flu Babi dan Fku Burung, Apa Bedanya?

Flu babi dan flu burung memang berbeda. Dari virusnya saja sudah jelas berbeda. Disamping itu, ada beberapa perbedaan lainnya, antara lain :
1. Penyebab penularan kedua jenis flu ini berbeda. Flu burung menggunakan burung sebagai meda penularan, sementara flu babi ditularkan melalui babi. Pemusnahan hewan ternak yang terjangkit virus tersebut masih dipandang sebagai cara paling efektif untuk memusnahkan virus-virus tersebut. Meski ternak unggas dan babi adalah vektor utama kedua virus tersebut, namun penularan antar manusia juga dimungkinkan terjadi. Pada virus H1N1, dengan sekali bersin saja dapat disebarkan setidaknya 100.000 virus yang akan menempel pada apapun di sekitar orang tersebut. Dengan jumlah yang sedemikian banyak, proses penularan H1N1 jauh lebih cepat dibanding dengan virus H5N1
2. Meski tingkat penyebaran virus H1N1 lebih tinggi, virus H5N1 diklaim sebagai virus yang lebih ganas.Virus ini dinyatakan jauh lebih mematikan dibanding virus H1N1. Berdasarkan data terkini, tingkat kematian karena H5N1 bisa mencapai 80 persen, hampir 12 kali kemungkinan kematian karena terjangkit H1N1 (6 persen). Pada berbagai kasus H5N1 di tanah air, sebagian besar penderita tewas sebelum diketahui penyebab sakit mereka.

Walaupun kedua virus tersebut berbeda, namun 'mereka' juga mempunyai persamaan.
1. Kedua flu tersebut disebabkan oleh 'tipe' virus yang sama. Keduanya sama-sama disebabkan oleh virus influenza tipe A dengan variasi masing-masing.
2.  Menggunakan hewan sebagai vektor penularan utama.
3. Sama-sama mematikan.Kebanyakan orang yang menderita flu ini, nyaris tidak mempunyai kesempatan hidup. Hal ini dikerenakan mereka mengira bahwa itu virus flu biasa.

Ok sobat, sepertinya kita harus lebih waspada saat ini. Jangan lupa selalu gunakan masker ketika bepergian. Semoga informasi ini bermanfaat. Salam sukses :)
Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ^^
Kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar ya...