ARTI IMSAK SAAT PUASA | RAMADHAN

Ohayoo mina-san ^^ Semoga hari ini luar biasa :)

Kali ini Nee pengen membahas tentang "imsak".Yup yup...bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, pasti sering denger kata ini.
Ada yang bilang kalau imsak, kita nggak boleh makan dan minum lagi. Hhhmmm.... tapi ada juga yang bilang walaupun sudah imsak, kita masih boleh makan dan minum sampai adzan subuh. 

Yup yup, bagi sobat yang bingung, Nee punya jawabannya. Insya Allah bener. ^_^

Arti imsak yang sebenarnya
 
Banyak yang menganggap bahwa waktu imsak adalah 10 menit menjelang adzan Subuh dan biasanya ditandai bunyi sirine dari masjid, radio, ataupun televisi. Ternyata anggapan tersebut masih kurang tepat. Imsak sebenarnya mempunyai arti menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dari waktu Subuh hingga waktu Maghrib. Dengan kata lain sebelum waktu adzan Subuh dikumandangkan, umat muslim masih diperbolehkan untuk makan dan minum. Tapi tidak boleh lewat dari waktu Subuh. Jadi, ketika Anda bangun untuk makan sahur tapi waktu sudah sangat dekat dengan waktu adzan subuh, dan radio, masjid, serta televisi sudah menyatakan imsak, tidak usah khawatir. Karena sebenarnya Anda masih punya waktu 10 menit lagi untuk makan sahur. Manfaatkanlah waktu itu dengan makan dan minum. Pergunakanlah 10 menit itu untuk makan sahur agar puasa di siang hari Anda tidak akan terasa berat. Sabda Rasulullah SAW, “Senantiasalah umatku berada dalam kebaikan (Puasa) selama mereka menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur.” (HR. Imam Ahmad dari Abu Zarr ra).

Read more at: http://ciricara.com/2012/08/03/inilah-arti-imsak-yang-sebenarnya/
Copyright © CiriCara.com
Imsak mempunya arti menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dari subuh hingga maghrib. Banyak orang beranggapan bahwa waktu imsak itu 10 menit sebelum adzan subuh. Masih ingat nggak sobat kalau arti puasa itu menahan diri dari segala hal yang dilarang oleh Allah SWT dari waktu subuh hingga maghrib, dari terbitnya fajar hinggaterbenamnya matahari.

Jadi sebenarnya, walaupun sudah imsak, kita masih diperbolehkan makan dan minum, tapi harus berhati-hati, karena adzan subuh akan segera berkumandang.

Nah bagi sobat yang telat bangun, masih bisa makan dan minum selama adzan subuh belum berkumandang. Pergunakan waktu 10 menit itu dengan baik dan hati-hati.

sabda Rasulullah : "Senantiasalah umatku berada dalam kebaikan (Puasa) selama mereka menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur" (HR. Imam Ahmad dari Abu Zarr ra)
Ok Sobat, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi sobat pembaca. Amiiin
dan semoga puasa yang kita lakukan diterima Allah. Amiiin.... Jauhakan diri dari maksiat, dan perbanyak ibadah. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.
Share:

1 comment:

Terimakasih telah berkunjung ^^
Kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar ya...