Menulis Diary dan Manfaatnya

  Buku catatan harian atau lebih akrab dengan sebutan buku diary pasti bukan hal asing bagi kita. Mungkin sebagian dari kita pernah menggunakannya. Nah biasanya dibuku diary kita sering selalu menuliskan kejadian yang terjadi hari ini, perasaan kita dan semua hal yang berkaitan dengan diri kita. Mungkin lebih bisa dibilang sahabat kita. Karena dia selalu menerima semua cerita kita, menyimpannya dan mengumpulakn semua cerita hidup kita.
  Nah berbicara tentang buku diary, apakah sobat Aika tahu bahwa menulis buku diary mempunyai banyak manfaat? Nah mengenai hal tersebut, yuk kita intip sedikit catatan berikut ini


"Dear diary...hari ini aku senang sekali...aku mendapat nilai yang memuaskan...dan lebih senang lagi ketika aku bisa melihat ibu tersenyum dengan prestasiku ini,,,,"
"Dear diary....aaahhh...capenya hari ini. banyak sekali tugas dan kerjaan...huft"
"Dear diary...aku punya masalah...aku bingung menyelesaikannya...aku bingung mau cerita dengan siapa!! Semua membosankan"

Pernah meulis hal seperti itu dibuku catatan sobat? Itulah isi hati dan pikiran sobat. Banyak sekali manfaat menulis diary. Mungkin coretan kecil di bawah ini hanya sedikit mengenai manfaat buku catatan haria ini.
  1. Dapat mengurangi stress dan beban pikiran
    Apakah sobat pernah mengalami masalah dan bingung ingin cerita pada siapa? Nah buku diary adalah tempat curhat yang ampuh dan aman. Hal tersebut karena dia nggak punya mulut, jadi nggak mungkin cerita. Hehehe
    Ok beralih dari hal tersebut, ketika kita sudah mencurahkan isi hati, kita pasti merasa lega bukan. Nah disitulah letak keistimewaan buku ini.
  2. Tempat menyimpan memori
    Kejadian apa saja yang pernah sobat lakukan? Desngan siapa? Kapan? Dimana? Tidak mungkin semua itu dapat kita ingat kalau kita simpan di dalam otak kita saja. Nah manfaat kedua dari buku ini, dia bisa dan mau menyimpan semua rekaman hidupsi penulis. Hebat bukan?:)
  3. Sumber inspirasi
    Suatu ketika sobat mempunyai suatu ide genius. Sobat bisa menuangkan ide tersebut di dalam buku hebat ini. Dan ketika sobat ingin mewujudkan itu, sobat tinggal membukanya dan melakukan apa yang telah sobat rencanakan.
  4. Sebagai catatan target hidup
    Dalam hidup pasti ada jatuh bangunnya. Dan dari situlah kita mempunyai terget hidup. Fungsi buku hebat ini yang ketiga yaitu sebagai tempat mencurahkan target hidup. Ketika kita cerita bahwa kita sedang mengalami ketidak beruntungan, mungkin saat itu kita bisa langsung mempunyai target hidup. "Waah aku nggak boleh gini lagi.... Aku harus lebih baik"
  5. Tempat pembelajaran hidup
    Saat kita membuka ulang buku diary tersebut, mungkin kita bisa mengingat semua memori dalam hidup kita. Mengingan semua kekurangn kita. Dan ketika kita dihadapkan pada masalah yang sama, kita bisa membuka buku hebat ini dan kita bisa menalisis apa yang akan terjadi kalau sobat menyelesaikan dengan cara yang sama? Apakah ada cara lain untuk mengatasinya? Sobat bisa memutar ulang memori sobat lewat buku ini. Dan mencari tahu hal apa yang bisa sobat lakukan.
  6. Melatih otak kiri
    Menulis buku diary memang tidak perlu mempunyai ketrampilan khusus. Tapi dnegan menulis buku diary kita bisa melatih kemampuan otak kiri kita. Kemampuan yang dapat kita asah dari buku hebat ini adalah melatih menulis, menganalisis dan berpikir ke depan. 
  Nah bagaimana sobat, luar biasa bukan? Yuk kita mulai menulis atau bagi yang sudah menulis mari lanjutkan menulisnya.Menulis buku diary itu ibarat curhat dengan diri sendiri, bediri di depan cermin dan melihat apa yang sedag terjadi di dalam diri kita, lalu menemukan solusi dari diri kita sendiri. Luar biasa... :)

G AN B A T T E ! ! !
Share:

3 comments:

  1. Terimakasih ^^//

    ReplyDelete
  2. That is true, Dahulu saya sering menulis di diary tanpa tau manfaatnya. Hal itu benar - benar membuat saya menjadi semakin cerdas dan pikiran terasa ringan. Sudah beberapa tahun saya berhenti dan hati ini terasa begitu berat sekarang , setelah mengetahui manfaatnya saya akan membuat buku diary saya kembali yang akan menilisnya setiap hari. Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama :)
      saya juga masih menulis diary dari SD sampai sekarang saya kerja dan kuliah,,,,
      terimakasih telah berkunjung

      Delete

Terimakasih telah berkunjung ^^
Kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar ya...