| Manfaat Tertawa | Apa Manfaat Tertawa | Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan |

Ohayou sobat Aika Hiromi. semoga hari ini luar biasa :)


X : Apa lu ketawa?! 
Y : Nggak apa-apa kali. Sehat tau...... daaaaannnn GRATIS  :p XDD ~

Berangkat dari percakapan yang sering kali kita dengar, mimin jadi tergerak buat nulis tentang manfaat tertawa. Eiits...seperti biasa, artikel ini diuji kebenarannya lewat artikel-artikel teman-teman blogger dan dari artikel tetang kesehatan :) Yuk simak "Manfaat Tertawa" berikut ini :)



1. Membakar Kalori

Tertawa selama 10 sampai 15 menit meningkatkan pengeluaran energi loh sobat Aika, terus juga meningkatkan denyut jantung, serta dapat membakar hingga 40 kalori. Namun, itu bukan metode penurunan berat badan. "Orang-orang tidak bisa makan junk food dan kemudian memilih tertawa setelahnya untuk menurunkan berat badan," kata Dr Maciej Buchowski, seorang profesor kedokteran di Universitas Vanderbilt. Meski begitu, tertawa bisa membakar beberapa kalori setiap hari. Jadi jangan ketawa terus-terusan cuma buat diet. hehehee

2. Membuat Sobat merasa lebih baik
 
Tertawa meningkatkan endorfin positif, mengurangi stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Tertawa juga bisa meningkatkan anti-virus dan anti-tumor dalam tubuh [wiiih keren kan?!], kata Dr Lee Berk dari School of Medicine di Loma Linda University. Manfaat humor dapat bertahan hingga 24 jam.

3. Meningkatkan kepuasan kerja
 
Humor meningkatkan komunikasi, kreativitas dan kinerja secara keseluruhan di tempat kerja, kata Dr Chris Robert. Dia seorang profesor psikologi dan peneliti di University of Missouri-Columbia yang mempelajari bagaimana tawa mempengaruhi kinerja karyawan. Dia mengatakan, "Kemampuan untuk menghargai humor, kemampuan untuk tertawa dan membuat orang lain tertawa, sebenarnya memiliki efek fisiologis pada tubuh yang menyebabkan orang menjadi lebih terikat." Nah buat para bos, jangan melarang karyawannya buat bercanda ya :D selama kerjanya beres, WHY NOT!

4. Meningkatkan harga diri

Menonton 15 menit dari acara komedi dapat mengurangi kekhawatiran tentang kesehatan atau karir Sobat. Psikiater dari Texas, David H. Rosen menemukan bahwa tertawa dapat menggantikan pikiran negatif dengan yang positif dan tertawa membantu menyelesaikan masalah, yang nantinya bisa meningkatkan harga diri Sobat, dan membuat Sobat lebih mudah mengatasi hambatan dalam hidup. Tapi kalau nonton komedi, nonton yang berkualitas ya :)

5. Melindungi diri dari penyakit jantung

"Penelitian menunjukkan bahwa rasa humor yang baik bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung," kata psikolog Steve Wilson. "Tertawa melebarkan pembuluh darah sehingga darah mengalir lebih bebas. Humor adalah tambahan positif yang signifikan untuk rehabilitasi jantung yang stsobatr " kata Dr Michael Miller, direktur Pusat Pencegahan Kardiologi di University of Maryland. Tertawa mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh. Dia mengatakan, "Pepatah lama bahwa 'tertawa adalah obat terbaik' itu benar."

6. Memperluas pikiran Sobat

 
Komedi membuat kita lebih inklusif terhadap orang lain dan membantu kita melihat gambaran yang lebih besar. Kebahagiaan dan humor mengurangi perspektif yang sempit, kata peneliti University of Michigan, Kareem Johnson. Tertawa dapat memperluas pikiran Sobat, memperkuat pekerjaan Sobat, dan hubungan sosial Sobat.

7. Membantu anak-anak menahan rasa sakit

Kartun dapat membantu anak-anak mengatasi rasa sakit, seperti jarum atau kunjungan ke dokter gigi. Pada bulan Oktober 2007, Dr Margaret Stuber dari University of California Jonsson Comprehensive Cancer Centre menemukan bahwa humor membantu anak-anak menahan rasa sakit lebih lama. Dalam studinya, para pasien muda yang menonton film lucu tidak merasakan sakit atau nyeri yang amat sangat saat mereka disuntik atau diterapi misalnya.

8. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

"Hormon stres dalam tubuh berkurang selama Sobat tertawa, dan membuat sel-sel kekebalan tubuh berfungsi lebih baik," kata psikolog Steve Wilson. "Tertawa juga dapat membersihkan saluran udara.. Dia mengatakan bahwa dengan beberapa perkiraan, tawa adalah kemampuan manusia yang sudah ada sekitar empat juta tahun yang lalu, dan sebaiknya Sobat memanfaatkannya.
 
Nah jadi benar bukan kalau "TERTAWA ITU SEHAT" :) yuk tertawa "secukupnya" dan "seperlunya". Jangan berlebihan, karena orang-orang di sekitar sobat bisa menyerngitkan dahi dan bertanya dalam diri. [udah pada tau kan apa maksudnya :D]


Semoga artikel di atas bermanfaat. Terimakasih untuk sobat pembaca dan semua sumber dari artikel ini :)

Salam sukses untuk sobat Aika Hiromi :) GANBATTE
Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung ^^
Kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar ya...