| TIPS MERAWAT RAMBUT RONTOK | PENYEBAB RAMBUT RONTOK |

Ohayoo sobat Aika Hiromi :) Semoga hari ini menjadi hari yang luar biasa :)

Kali ini Nee ingin berbagi tentang perawat rambut khususnya bagi yang rambut rontok. Bagi kaum hawa, pasti sebel banget dong kalau pas nyisir eh rambutnya rontok. Duh rasanya sayang banget. Ya kan?

Kok jadi curhat ya?hehehe
So, sebelum kita mengatasi, ada baiknya kita tau penyebabnya.

Beberapa penyebab rambut rontok :

Siklus pertumbuhan rambut tak seimbang
Rambut tumbuh sekitar setengah inchi perbulan. Setiap rambut tumbuh dengan fase berbeda yang berlangsung antara 2-6 tahun. Fase ini termasuk periode tumbuh dan istirahat sebelum rontok dan folikel rambut menumbuhkan untaian rambut baru.

Tetapi ada sebagian wanita yang memiliki faktor genetik sehingga mereka lebih rentan mengalami kerontokan rambut akibat proses pertumbuhan rambut tidak normal. Gangguan ini disebabkan karena hormon androgen.

Kehamilan dan persalinan
Banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut sementara sekitar 3 bulan setelah melahirkan. Kondisi ini disebut juga dengan telogen effluvium. Rambut akan kembali ke kondisi normal beberapa bulan setelahnya.

Gangguan hormonal
Jika tiroid Anda sangat aktif atau tidak aktif, rambut akan terkena dampaknya. Biasanya kerontokan rambut akan berhenti setalah gangguan tiroid teratasi. Rambut juga akan rontok jika terjadi gangguan hormon androgen dan estrogen.

Obat-obatan
Beberapa jenis obat memiliki efek samping merontokkan rambut. Namun kondisi tersebut akan berakhir setelah pengobatan dihentikan. Jenis obat yang bisa menyebabkan kerontokan rambut antara lain pengencer darah, obat asam urat, obat kemoterapi, terlalu banyak vitamin A, kontrasepsi, dan obat antidepresan.

Infeksi
Beberapa jenis infeksi, misalnya infeksi jamur di kulit kepala, juga akan menyebabkan kerontokan rambut pada anak-anak. Dengan obat antijamur kerontokan bisa dihentikan.

Penyakit autoimun
Diantara penyakit lain, lupus atau diabetes merupakan penyebab kerontokan rambut pada wanita. Kerontokan rambut juga bisa menjadi gejala adanya penyakit.

Kurang gizi
Diet terlalu ketat juga akan menyebabkan kerontokan rambut. Sayangnya mengembalikan pola makan menjadi sehat kembali tak cukup untuk menumbuhkan rambut, meski kerontokannya bisa dihentikan.

Gangguan emosional
Sebagian wanita mengalami kerontokan rambut saat menghadapi situasi traumatik atau emosional. Misalnya kematian anggota keluarga, perceraian, atau merawat keluarga yang sakit parah.

Menopause
Dari beberapa gejala menopause, kerontokan rambut adalah gejala yang paling sering dialami. (health.kompas.com)

Sudah tau kan penyebab rambut rontok, jadi sekarang saatnya kita membahas cara menanganinya.
Cara paling jitu untuk mengatasi rambut ronyok yaitu dengan mennggunakan bahan antioksidan. Antioksidan bisa mencegah dan memperlambat karusakan sel pada rambut sehingga bisa mencegah dan memperlambat rambut rontok. (baca sampai bawah untuk mengetahui bahan yang mengandung antioksidan ^_^)

Dan ini dia beberapa tips agar rambut tak rontok :

Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Hal ini bisa berakibat menarik akar rambut, membuat kulit kepala jadi tegang.

Pakai Kondisioner
Sebenarnya terlalu sering keramas sebenarnya tidak baik untuk rambut sobat. Minyak alami yang dihasilkan kulit kepala untuk melindungi helai rambut akan terkikis oleh shampo. Nah, ada baiknya sobat selalu menggunakan kondisioner waktu keramas. Tujuannya untuk mengurangi kusut pada rambut dan memudahkan proses menyisir rambut setelah keramas.

Perawatan Minyak Alami
Perawatan alami yang terbukti yaitu: Pemakaian minyak zaitun pada rambut, serta minyak kelapa atau minyak argan yang dapat membuat rambut lebih sehat, kuat dan berkilau.

Serum Pelindung
Apabila sobat sering menggunakan catok atau hairdryer, maka pakailah serum rambut yang khusus diformulasikan sebagai pelindung rambut dari panas berbagai alat hair styling. Pemakaian serum juga sangat diperlukan untuk melindungi rambut dari berbagai polusi dan efek buruk dari sinar matahari.

Bahan-bahan yang bisa dipakai untuk perawatan secara alami :
Lidah Buaya
Memiliki kandungan vitamin dan mineral, yang berguna untuk menyuburkan dan menebalkan rambut.
Teh Hijau
Berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami dan mencegah kerontokan, karena mengandung antioksidan yang berguna untuk rambut.
Daun Seledri
Memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk rambut diantaranya kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B. Seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat, kuat dan berkilau.

Yup, sebelumnya terimakasih Sisi Remaja untuk informasinya. Dan semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat Aika Hiromi. Keep your dream, your passion  and SPIRIT!
Share:

1 comment:

Terimakasih telah berkunjung ^^
Kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar ya...