TIPS MUDIK LEBARAN AMAN, NYAMAN DAN MENYENANGAN | AIKA HIROMI |

Ohayoo minasan ^^ Semoga hari ini luar biasa :)

Waah nggak kerasa bentar lagi udah lebaran. Lebaran selalu identik dengan mudik. Yap yap... Libur panjang selalu dimanfaatkan untuk pulang kampung, berkumpul bersama keluarga tercinta, bersolah turahmi.

Eiitt.... seperti biasa sobat, waktu mudik selalu banyak terjadi hal tidak menyenangkan. Terutama, dijalan. So, Nee punya tips mudik aman, menyenangkan dan nyaman.


Kondisi TubuhPastikan bahwa sebelum mudik sobat dan keluarga berada dalam kondisi yang fit. Terutama bagi driver

Periksa Rumah
Periksa rumah sobat sebelum pergi. Pastikan kompor benar-benar mati untuk menghindari kebakaran. selang gas LPG juga harus dilepas. Kunci jendelan dan pintu. Oh iya, cabut semua kabel kulkas, TV dan benda elektronik lainnya, untuk menghindari konsleting listrik.

Kondisi Mobil dan Perlengkapan Mobil
Sebelum dipakai 'bertempur' alias mudik, periksakan kondisi kendaraan sobat di bengkel langganan ((tune-up komplit, rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll). Dan jangan lupa membawa perlengkapan alat-alat mobil (tools kit), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter,dll.

Bawa Air Mentah
Bawalah air mentah di dalam jerigen 5 liter atau jika tidak ada jerigen bisa memakai bekas botol air mineral besar (1 literan) untuk mengisi radiator bila kurang.

Bekal Makanan
Pastikan sobat membawa bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara.

Packing Barang/ Muatan Dengan Benar
Urutkan barang/ muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. Supaya tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

Kebelet Pipis
Ini adalah masalah rutin para pemudik. Untuk anak-anak dan laki-laki sih hal ini bukan masalah besar, tinggal berhenti saja di pinggir jalan dan beres deh. Tapi untuk para wanita ini bukanlah hal yang mudah. Untuk mengatasinya carilah pompa bensin yang besar pasti ada toiletnya yang cukup bersih, bila kotor, cari lagi berjalan beberapa kilometer.


Bawa Peta Jalur Mudik
Jangan lupa membawa peta jalur mudik, karena ini sangat penting dan berguna. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik.

Bawa HP & Chargernya
Sebaiknya sebelum berangkat charge HP sobat sampai penuh. Untuk daerah/area tertentu yang sobat lewati akan terjadi "blank spot" untuk kartu tertentu, lebih baik jika salah satu anggota keluarga punya HP dengan kartu yang berbeda. Jadi bila terjadi blankspot masih bisa pakai HP satunya lagi.

Obat-ObatanBawa obat-obatan yang biasa digunakan, jangan lupa itu! Terutama untuk anak-anak.

Waktu Berangkat
Perkirakan waktu berangkat dan waktu sampai.

Berikan no. HP dan telepon di kampung halaman ke tetangga atau RT
Ini dimaksutkan agar sobat bisa dihubungi kalau terjadi sesuatu di rumah sobat.

Arus Balik dan Pulang Balik
Harap simpan tenaga dan tetap jaga kesehatan untuk siap pulang balik setelah mudik. Jangan pulang balik di pas mepet sekali besoknya harus sudah masuk kantor dan anak-anak masuk sekolah, pasti kelelahan kan? Ada baiknya ambil waktu sehari istirahat sebelum besoknya melakukan aktifitas rutin.

Uang Tunai
Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu bawa banyak-banyak, toh ATM banyak sekali dijumpai di daerah.

Happy mudik sobat. Semoga selamat sampai tujuan. Jangan lupa oleh-olehnya yah. Nee tunggu XD
Semoga informasi ini bermanfaat.

Arigatou udah berkunjung ^^ Keep you dreams, spirit and love

Sumber : bidanku.com
Share:

1 comment:

Terimakasih telah berkunjung ^^
Kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar ya...