____________________

| KANKER SERVIKS | PENYEBAB KANKER SERVIKS | APA ITU KANKER SERVIKS? |


Human papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab dari kanker serviks. Sedangkan penyebab banyak kematian pada kaum wanita adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Selain itu, penggunaan wc umum yang sudah terkena virus HPV, dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya jika tidak membersihkannya dengan baik.

Ohayoo mina-san ^^

Lama...lama....lama sekali tak bersentuhan dengan dunia blog
Maaf Nee-chan sedang sibuk. Dunia nyata telah menyedot 75% waktu ku. Huft

HAPPY NEW YEAR !!!

Hahahaa

Ok..pembuka tahun 2014 ini, Nee-chan ingin menulis tentang kesehatan. Kali ini Nee ingin membahas tentang Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim.
Waduh Nee-chan, tahun baru kok bahas kanker sih!

Mendengar kata "KANKER" saja mungkin kita sudah bergidik. Huum...
Kanker jenis ini lagi ngetrend diperbincangkan. Pasti diantara sobat setia Aika Hiromi pernah mendengar atau bahkan sudah tau.
Perlu diketahui sobat Aika Hiromi, khususnya kaum hawa/cewek/perempuan bahwa kanker serviks merupakan jenis kanker yang menempati peringkat teratas sebagai penyebab kematian wanita dunia. Serem kan....!!!



http://2.bp.blogspot.com/-YY97T5S8UXg/TmgEUXOix5I/AAAAAAAACJE/vK0xqmvyyjg/s1600/Proses%2Bkanker%2Bserviks.jpgKanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim
Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.
WHO mencatat, setiap tahun ribuan wanita meninggal karena penyakit kanker serviks.

Apa sih Penyebab Kanker Serviks?

So, gurl lebih hati-hati ya kalau pakai wc umum. Nggak ada salahnya kan?
 
Selain itu, kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker serviks ini. Seperti kebiasaan merokok, kurangnya asupan vitamin terutama vitamin c dan vitamin e serta kurangnya asupan asam folat. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan, melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini (melakukan hubungan intim pada usia <16 tahun bahkan dapat meningkatkan resiko 2x terkena kanker serviks). 

Faktor lain penyebab kanker serviks adalah adanya keturunan kanker, penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama, terlalu sering melahirkan.


Ciri Kanker Serviks Apa Sih?
  1. Saat berhubungan intim selalu merasakan sakit, bahkan sering diikuti pleh adanya perdarahan.
  2. Mengalami keputihan yang tidak normal disertai dengan perdarahan dan jumlahnya berlebih
  3. Sering merasakan sakit pada daerah pinggul
  4. Mengalami sakit saat buang air kecil
  5. Pada saat menstruasi, darah yang keluar dalam jumlah banyak dan berlebih
  6. Saat perempuan mengalami stadium lanjut akan mengalami rasa sakit pada bagian paha atau salah satu paha mengalami bengkak, nafsu makan menjadi sangat berkurang, berat badan tidak stabil, susah untuk buang air kecil, mengalami perdarahan spontan.
 
Bagaimana Mencegahnya?

Pencegahan terhadap kanker serviks dapat dilakukan dengan program skrinning dan pemberian vaksinasi. Di negara maju, kasus kanker jenis ini sudah mulai menurun berkat adanya program deteksi dini melalui pap smear. Vaksin HPV akan diberikan pada perempuan usia 10 hingga 55 tahun melalui suntikan sebanyak tiga kali, yaitu pada bulan ke nol, satu, dan enam. Dari penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa respon imun bekerja dua kali lebih tinggi pada remaja putri berusia 10 hingga 14 tahun dibanding yang berusia 15 hingga 25 tahun. 
 
Pengobatan

Standar pengobatan kanker serviks meliputi terapi: operasi pengangkatan, radioterapi, dan kemoterapi. Pengobatan kanker serviks tahap pra kanker - stadium 1A adalah dengan: histerektomi (operasi pengangkatan rahim). Bila pasien masih ingin memiliki anak, metode LEEP atau cone biopsy dapat menjadi pilihan. Pengobatan kanker serviks stadium IB dan IIA tergantung ukuran tumornya. Bila ukuran tumor tidak melebih 4cm, disarankan radikal histerektomi ataupun radioterapi dengan/tanpa kemo. Bila ukuran tumor lebih dari 4cm, pasien disarankan menjalani radioterapi dan kemoterapi berbasis cisplatin, histerektomi, ataupun kemo berbasis cisplatin dilanjutkan dengan histerektomi.Selain pengobatan medis, pasien juga dapat melakukan terapi komplementer dengan herbal kanker.
 
Untuk menjelasan tentang metode pengobatannya yang lebih lengkap bisa googling yah sobat :)
 
 Semoga sedikit informasin tentang kesehatan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan kesadaran kita terhadap kesehatan di tahun baru ini.

Semoga tahun baru ini semakin banyak impian kita yang tercapai.... Amiiin
Salam impian! Aika Hiromi !!!
Keep spirit, and keep your dreams!

sumber :
bidanku .com
wikipedia.org 




Tema Blog NJW V2 Updated at: Minggu, Januari 05, 2014

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung ^^
Kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar ya...

Info Terbaru Lewat E-mail :

by Aika Hiromi

Buku Eksklusif "MY DREAMS"

Buku Eksklusif "MY DREAMS"
Ditulis oleh seorang motivator Indonesia yang telah menulis lebih dari 20 buku. Wujudkan Impianmu menjadi nyata (Klik untuk detail)

Sahabat Kami Di Blogger


Get this widget!