Manfaat Puasa Ramadhan | Pengertian Puasa Ramadhan |

Ohayoo sobat  Aika Hiromi. Semoga hari ini menjadi hari yg luar biasa :)

Marhaban yaa Ramadhan. Bulan suci penuh ampunan telah datang kembali. Syukur alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk bertemu bulan yg suci ini.

Secara harfiyah puasa artinya menahan, yakni menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa dan mengurangi nilainya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari. Sedangkan Ramadhan secara harfiyah artinya membakar dan mengasah. Yang dimaksud adalah dosa-dosa seorang mukmin akan dibakar oleh Allah dan setelah Ramadhan dan insya Allah dia akan kembali kepada fitrah atau kesuciannya.

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan kemuliaan bagi semua umat kaum muslimin di dunia ini.
“Ramadhan merupakan bulan kesabaran dan balasan kesabaran adalah surga. Ramadhan merupakan bulan santunan, bulan yang di mana Allah melapangkan rezeki setiap hamba-Nya. Barangsiapa yang memberikan hidangan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa, maka akan diampuni dosanya, dan dibebaskan dari belenggu neraka, serta mendapatkan pahala setimpal dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang berpuasa tersebut.” (HR Khuzaimah).
Pada bulan ini pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu neraka ditutup serapat-rapatnya. Pada bulan ini setan-setan dibelenggu. Sebagai umat Islam kita diwajibkan untuk berpuasa, karena puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu dari rukun Islam.

Kewajiban puasa Ramadhan ini telah ada dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala yaitu : 
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa".(QS. Al Baqarah{2} : 183)
Nah sobat, berikut ini beberapa keutamaan puasa Ramadhan
  1. Munculnya malam lailatul qadar yaitu malan yang lebih baik daripada malam seribu bulan. Biasanya malam ini di tandai dengan malam yang nyaman, saat malam terlihat terang, tidak ada hujan dll. dan pada malam ini pula kita di perintahkan untuk beribadah karena pahala yang di dapat sangat besar, sungguh rugi kan jika kita melewatkan nya. Malam ini hannya ada pada salah satu malam di antara semua malam pada bulan ramadhan.
  2. Dibelenggunya semua iblis dan syetan. Namun walaupun para iblis dan syetan telah dibelenggu, kadang masih saja ada manusia yang berbuat maksiat. Ingat sobat, iblis itu ada yang dari iblis sendiri dan ada yang berasal dari dalam diri kita sendiri. Nah, kalau di bulan Ramadhan masih saja ada yang berbuat maksiat, maka bisa dipastikan yang jadi iblis, ya dirinya sendiri. :D
  3. Dibukanya pintu surga dan di tutup nya semua pintu neraka.
  4. Pada bulan ramadhan tidur adalah ibadah. Tapi jika kita mau pahala yang lebih besar alangkah baiknya jika waktu kita di gunakan untuk membaca al qur’an.
  5. Nafas di nilai sebagai tasbih.
  6. Ibadah yang kita lakukan dikalikan seribu kali. Jadi banyak banyaklah ibadah pada bulan ramadhan karena ibadah kita di kalikan seribu kali. 

MANFAAT PUASA DARI SEGI KESEHATAN 
 
Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan, karena overnutrisi dapat mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif, seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis, dan lain-lain.
  1. Puasa mengistirahatkan pencernaan dan perut dari kelelahan kerja yang terus menerus, mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh, memperkuat badan.
  2. Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan. Pada hari-hari ketika tidak sedang berpuasa, alat pencernaan di dalam tubuh bekerja keras, oleh karena itu sudah sepantasnya alat pencernaan diberi istirahat.
  3. Membersihkan tubuh dari racun & kotoran (detoksifikasi). Puasa merupakan terapi detoksifikasi yang paling tua. Dengan puasa, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh.
  4. Mendorong terjadinya pergantian sel-sel tubuh yang rusak dengan yang baru(peremajaan).
  5. Memperbaiki fungsi hormon dan juga meningkatkan fungsi organ tubuh.

Nah sobat, cukup sampai disini ulasan Nee tentang puasa Ramadhan. Jadi, puasa itu bukan hanya sekedar kewajiban kita kepada Allah, tapi ada juga manfaat bagi kesehatan kita. Semoga ibadah puasa kita diberikan kelancaran. Amiiiin

Tetap semangat dan raih mimpimu dengan positif thingking. YOSH! GANBATTE!
Share:

3 comments:

Terimakasih telah berkunjung ^^
Kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar ya...